Sabtu, 22 Oktober 2011

TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna.
Topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.

MACAM MACAM TOPOLOGI JARINGAN PADA KOMPUTER
      1.      Topologi star network
Topologi Jaringan ini adalah node (station) berkomunikasi langsung dengan stasiun lain melalui pusat node (hub/switch). Data mengalir dari node kepusat node dan diteruskan kenode (stasiun) tujuan. Jika salah satu segmen kabel putus, jaringan lain tidak akan terputus.




      2.      Topologi Bus
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, di mana sepanjang kabel terdapat node-node. Sinyal dalam kabel pada topologi ini dilewatkan satu arah sehinggga memungkinkan sebuah penumpukan terjadi.



      3.      Topologi Ring
Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi banyak node. Sinyal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya tumpukan. Dengan demikian pergerakan data dapat terjadi sangat cepat. Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi alamat tujuan sehingga dapat langsung menuju komputer yang dituju. Tiap stasiun dapat diberi repeater (transceiver) yang berfungsi sebagai Listen State, Transmit State dan Bypass State.





      4.      Topologi Tree
Tidak semua stasiun memiliki kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun dibawahnya, sehingga jaringan sangat tergantung pada stasiun yang berkedudukan lebih tinggi (hierachical topology) dan kedudukan stasiun yang sama, disebut peer topology.


      5.      Topologi Mesh
Topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran yang harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n=jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya sebuah sentral yang terpasang. Dengan demikian di samping kurang ekonomis juga relatif mahal pengoperasiannya. Topologi mesh merupakan teknologi khusus (ad hock) yang tidak dapat dibuat dengan pengkabelan. Karena sisternya yang rumit. Namun dengan menggunakan teknologi wireless maka topolori ini sangat dimungkinkan untuk diwujudkan ( karena dapat dipastikan tidak akan ada kabel berceceran).




Ø  Kelebihan dan kekurangan topologi bus, topologi star, dan topologi ring: 
    1)      Topologi Bus
Keunggulan :
       Topologi Bus sangat sederhana dan gampang di implementasikan dengan jalan menyambung ke semua computer dengan hanya satu backbone kabel BNC. Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.

Kelemahan :
  •  Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
  • Topologi Bus ini memerlukan terminator yang bagus dan sempurna pada kedua ujung kabel Bus. Yang paling sering terjadi adalah short circuit antara data dan ground jika sambungan terminator tidak bagus. Terminator yang tidak bagus bahkan bisa menyebabkan jaringan tidak berfungsi.
  • Dengan satu kabel tunggal menjadi satu titik tunggal kegagalan, satu titik bermasalah maka akan menyebabkan kegagalan total semua jaringan.
  • Sulit dalam troubleshooting masalah jika terjadi kegagalan fungsi kabel. Harus memeriksa segmen per segmen untuk mengidentifikasikan titik kesalahan.
2)      Topologi Star

Keunggulan 
  • Fleksibelitas tinggi.
  •  Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju HUB.
  •   Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
  •  Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.
  •  Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus
  •  Manajemen jaringan mudah melalui per port Switch. Manajemen dan administrasi bisa dilakukan secara remote oleh administrator yang authorized.
  •  Setiap kegagalan di salah satu port tidak akan menyebabkan kegagalan total jaringan.
  •   Instalasi kabel jaringan ke setiap port tidak akan mengganggu layanan jaringan seperti halnya pada topologi Bus.
  •  Tidak diperlukan terminator.
Kelemahan :
  •  Boros kabel
  •  Perlu penanganan khusus
  •  Jika HUB Rusak maka jaringan yang berada dalam satu HUB akan rusak.
  •    Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti
3)      Topologi Star

Keunggulan :
·         Hemat kabel
·         Tidak akan terjadi kecelakaan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.
·         Tidak diperlukan mekanisme collision detection, sehingga Topologi ring memberikan bandwidth maksimal.
·         Troubleshooting lebih mudah karena setia node hanya mengetahui dan berinteraksi dari kedua sisi tetangganya saja.
Kelemahan :
·         Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
·         Pengembangan jaringan lebih kaku
·         Sulit mendeteksi kerusakan
·         Dapat terjadi collision [dua paket data tercampur]
·         Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus.

4 komentar:

  1. saya sangat tertarik sekali tentang jaringan..
    makasih kawan sudah berbagi ilmunya

    BalasHapus
  2. nice info..
    follow/add blog saya :)

    BalasHapus
  3. menambah wawasan pengetahuan tentang jaringan komputer di sini :)
    terimakasih sobat sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  4. ane kelas |X juga diajarin Topologi Jaringan nih :d sulit prakteknya menuurut saya apa lagi yang Topologi Jaringan Star/bintang :d wah puyeng

    Salam kenal ya sob

    BalasHapus