Senin, 17 Oktober 2011

The Tractor Next Inter Milan Legends


PROFIL J. ZANETTI
Nama Lengkap           : Javier Adelmar Zanetti
Tempat Lahir              : Buenos Aires, Argentina
Tanggal Lahir              : 10 Agustus 1973
Kebangsaan                : Argentina
Posisi                          : Defense
Bermain di Klub          : Inter Milan
Julukan                       : il trattore (The Tractor)

Javier Adelmar Zanetti lahir pada tanggal 10 Agustus 1973 di Buenos Aires, Argentina. Dia mendapat julukan Pupi di Argentina. Setelah bermain di Italia, Zanetti kembali mendapat julukan, yaitu Il Trattore (The Tractor) karena kekuatan, keuletan, stamina dan kemampuan berlarinya melewati pemain bertahan lawan ketika ikut membantu menyerang dari posisi bek kanannya. Belakangan ini dia juga bermain di posisi pemain tengah kanan. Bahkan sekarang ini The Tractor bisa mengisi posisi center back.


1993-1995
Setelah ditolak masuk ke tim muda Independiente, Zanetti bergabung dengan Talleres de Remedios de Escalada (tim divisi 2). Tetapi tidak lama kemudian pada tahun 1993 dia pindah ke klub divisi satu Argentina, Banfield. Zanetti yang saat itu masih berumur 20 tahun memulai debutnya pada tanggal 12 September 1993 ketika melawan River Plate. Gol pertamanya terjadi 17 hari kemudian saat melawan Newell's Old Boys yang berakhir dengan kedudukan 1-1. Penampilannya yang menawan membuatnya menjadi incaran klub-klub besar. Pada tahun 1995, dia akhirnya pindah ke Inter Milan menjadi pembelian pertama dari Massimo Moratti.

1995

Debutnya bersama Inter terjadi pada tanggal 27 Agustus 1995 saat melawan Vicenza. Kualitas Zanetti membuatnya menjadi pemain sepak bola yang dihormati. Meski terkadang dia dikritik sebagai pemain yang suka protes saat di lapangan, tetapi dia berhasil menjadi salah satu pemain Inter yang paling konsisten, dapat diandalkan dan bisa dipercaya. Karena itu dia diangkat menjadi kapten tim, dan mendapatkannya dari pemain bertahan legenda Inter, Giuseppe Bergomi.
Zanetti mulai bermain bagi tim nasional Argentina pada tanggal 16 November 1994 melawan Chili. Saat itu Argentina masih dilatih oleh yang saat itu dilatih oleh Daniel Passarella. Sejak saat itu dia menjadi bagian penting dari tim nasional.

Rekor J.Zanetti
Club...
 "the 1000-match Hall of Fame". 
Pertandingan semi final Coppa Italia antara Inter Milan melawan Roma menjadi sangat berarti bagi kapten Javier Zanetti, karena ini adalah laganya yang ke 1000 sepanjang karirnya sebagai pesepakbola. Peemain belakang Argentina ini memakai ban kapten bertuliskan "the 1000-match Hall of Fame".

Zanetti tampil 33 kali bersama Tallers, tim pertamanya, 66 bersama Banfield, 12 kali membela Argentina U-23 dan 140 bersama tim senior. Sejak bergabung di Inter, ia sudah bermain 748 kali, termasuk 534 pertandingan Seri A, 140 pertandingan di level Eropa. 62 pertandingan Piala Italia dan 12 penampilan di berbagai kompetisi lainnya.

Pengganti  Giuseppe Bergomi Tanpa Mendapat Kartu Merah
Selama 16 tahun Zanetti membuktikan kesetiaannya bersama Inter. Ia mengawali debutnya pada 28 Agustus 1995, saat itu Inter menang 1-0 atas Vicenza. Pada awal musim 1999/00 staff pelatih menunjuknya sebagai kapten menggantikan Giuseppe Bergomi.
Saat di Inter, pemain yang akan berusia 38 tahun pada 10 Agustus mendatang, sudah menggunakan enam nomor punggung yang berbeda (2, 3, 4, 5, 6 dan 8). Ia tidak pernah mendapat kartu merah dalam 534 pertandinga liga.



Gelar & Goal

 Zanetti sudah mempersembahkan 15 gelar juara untuk Inter. Lima gelar Seri A, empat piala Super Italia, satu piala dunia antar klub, satu Liga Champions, dan satu Piala UEFA.
Sebagai pemain belakang, Zanetti cukup produktif, ia sudah mencetak 26 gol. 12 diantaranya di liga Italia. Sementara satu gol dicetak saat Inter menang 3-0 atas Lazio di final Piala UEFA 1998. Di level internasional, ia sudah membuat lima gol, termasuk saat Argentina bermain imban 2-2 melawan Inggris, di babak 16 besar Piala Dunia 1998 di Prancis.


Negara....
Bersama Argentina Zanetti sudah tampil 140 kali. Debutnya dimulai pada 16 November 1994 saat menghadapi Cile dalam sebuah pertandingan persahabatan. Ia menjadi pemain inti di Piala Dunia 1998 dan 2002. Namun pelatih Jose Pekerman tidak memanggilnya di Piala Dunia 2006 di Jerman. Setahun kemudian, pelatih timnas Alfio Basile memanggil kembali Zanetti dan menunjuknya menjadi kapten menggantikan Roberto Ayala yang pensiun dari timnas.

Lima kali Zanetti membawa timnas Argertina menduduki peringkat dua dalam berbagai turnamen internasional, yaitu Piala Konfederasi (1995 dan 2005), Copa America (2004 dan 2007), serta mendali perak cabang sepakbola pada Olimpiade Atlanta 1996.

        
          Tahun 2011 Javier Zanetti, pekan ini memecahkan rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah, 757 pertandingan. Untuk menghormati rekor pemain veteran asal Argentina itu, pihak Inter menyelenggarakan sebuah acara selebrasi di Terrazza Martini. Turut hadir pada acara tersebut istri Javier Zanetti, Paula, serta dua anaknya, Sol dan Nacho.
Lokasi acara dipilih langsung oleh presiden Inter, Massimo Moratti. Uniknya, acara pesta cocktail itu sama persis dengan tempat yang sama saat Zanetti resmi diperkenalkan sebagai pemain Inter 16 tahun lalu.
Hadir pula dalam acara tersebut sebagai undangan adalah bek legendaris Inter, Giuseppe "Beppe" Bergomi, sosok yang rekor penampilannya unutk Inter (756 pertandingan) dipecahkan oleh Zanetti.
Moratti memberi hadiah spesial berupa ban kapten dengan bingkai perak dan piagam penghargaan dari FIGC untuk Zanetti

video

1 komentar:

  1. Selalu menampilkan permainan konsisten & stabil,posisi aslinya RB yang tangguh, tp beberapa tahun terakhir lebih sering dimainkan di posisi LB, bahkan DM/MC.

    BalasHapus