Selasa, 11 Oktober 2011

The Amazing SPIDERMAN

Sebelum menceritakan mengenai sekuel terbaru dari Spiderman ada baiknya kita BEDAH dulu asal usul atau sejarah Spiderman dan pembuatan filmnya, berikut SEJARAH dikutip dari berbagai sumber :

Who is PETER PARKER/SPIDERMAN????

Nama asli: Peter Benjamin Parker Tinggi/Berat: 177 cm / 75 kg Pekerjaan: Fotografer lepas, petualang Identitas: rahasia Status hukum: Warga Amerika tanpa catatan kriminal Tempat lahir: New York City (AS) Status: Menikah Saudara: Richard Parker (ayah, alm.), Mary Parker (ibu, alm.), Benjamin Parker (paman, alm.), May Parker (bibi), Mary Jane Watson-Parker (istri) Lokasi operasi: New York City (AS) Muncul pertama kali: Amazing Fantasy



TV SERIAL

1967-1970 Spiderman 
Serial animasi tivi yang panjangnya 52 episode dan 22 menit tiap episodenya. Pertama tayang tanggal 9 September 1967 di Amerika. Info unik: Dua episode dari serial ini terang-terang sekadar membuat ulang dari dua episode animasi yang sukses sebelumnya, yaitu animasi Rocket Robin Hood diganti dengan sosok Spiderman

1978 The Amazing Spiderman 
Film serial tivi sepanjang 60 menit sebanyak 15 episode. Tayang pertama di Amerika tanggal 5 April 1978. Info unik: Ini untuk pertama kalinya sosok Spiderman dibuat film live-action (bukan animasi). Sayangnya, enggak ada karakter MJ di film ini. Selain itu, Stan Lee, sang pencipta Spiderman enggak puas dengan film ini. Menurutnya, film ini terlalu kekanak-kanakan.

1978 Toei no Supaidâ-Man 
Popularitas Spiderman menyeberang ke Jepang. Boleh jadi inilah serial tivi Spiderman pertama di luar Amerika. Tayang mulai 17 Mei 1978, serial ini panjangnya 41 episode. Info unik: Produser Tôru Hirayama dan Susumu Yoshikawa awalnya ingin membuat serial Spiderman seperti cerita orisinalnya, tapi Bandai, salah satu sponsornya, minta mereka untuk menambahkan robo raksasa yang memang karakter populer di Jepang.

1978 Spiderman Strikes Back 
Film Spiderman yang diputar pertama kali di Nederland pada 2 Agustus 1979 baru kemudian diputar di seluruh Eropa. Info unik: Meski diputar di bioskop-bioskop di Eropa, namun di Amerika film ini malah diputar di tivi. Dan film ini ternyata dibuat dari serial tivi Spiderman tahun 1978 episode The Deadly Dust.

1979 Spiderman: The Dragon’s Challenge 
Film tivi yang dibuat dari dua episode serial tivi Spiderman tahun 1978. Info unik: Serial The Amazing Spiderman enggak berlanut di tahun 1979, maka dua episode The Chinese Web diedit kembali dan dijadikan film ini.

1981-1987 Spiderman 
Serial tivi yang mulai tayang di Amerika tanggal 12 September 1981 sepanjang 26 episode. Info unik: Serial ini enggak sebergaya serial tivi orisinalnya, yaitu serial tahun 1967-1970. Selain melawan musuh-musuh utama yang klasik seperti King Pin, Vulture, Green Groblin, Sandman, dan Dr. Octopus, Spiderman juga menghadapi musuh-musuh yang enggak muncul di serial 1967-1970, seperti Gadgeteer, Prof. Gizmo, Chameleon, dan Dr. Doom.

1994-1998 Spiderman 
Serial animasi yang mulai tayang di tivi tanggal 19 November 1994 di Amerika. Serial ini panjangnya 22-30 menit sebanyak 65 episode. Info unik: Sepanjang serial ini, Spiderman hanya memukul sebanyak dua kali, yaitu pada Spot di episode The Spot dan pada Green Groblin di episode Turning Point. Fox Kids dan Marvel enggak nerusin serial ini karena rating-nya rendah. Setelah itu, Marvel dan Saban Entertainment bikin Spiderman: Unlimited.

1999 Spiderman Unlimited 
Serial animasi tivi, kelanjutan dari serial Spiderman sebelumnya. Info unik: Ini cerita Spiderman di dunia baru. Disini, ia berhadapan dengan tiruan musuh-musuh lamanya yang sudah terevolusi dengan sempurna dan berubah bentuk. Spiderman pun mendapat kostum dan senjata baru dari Reed Richards, anggota Fantastic Tour.

2002 Spiderman 
Film layar lebar Spiderman yang sukses besar. Pemutaran pertamanya nyaris serentak di seluruh dunia, yaitu tanggal 3 Mei 2002. Info unik: Awalnya, James Franco (pemeran Harry Osborn) yang diaudisi untuk peran Peter Parker. Selain dia, nama lain yang diusulkan untuk peran Peter Parker adalah Freddie Prinze Jr. dan Leonardo DiCaprio. Kalau cerita komiknya, jaring laba-laba ditembakkan dari alat yang dibikin Peter, di film ini jaring laba-laba keluar dari tubuhnya. Menurut Sam Raimi, sang sutradara, hal ini lebih masuk akal daripada seorang anak SMA yang bisa membuat jaring laba-laba super yang hingga sekarang pun belum ada yang bisa membuatnya.

THE MOVIE

2002 Spiderman 
The New Animated Stories – Serial animasi tivi Spiderman yang boleh dibilang modern. Info unik: Animasi ini menggunakan teknik 3D. Ini tentu saja membawa beberapa perubahan tampang, seperti Mary Jane yang berbeda banget dari versi 2D-nya. Yang menarik, penyanyi kondang Lisa Loeb, pernah jadi dubber suara Mary Jane di dua episode.

2004 Spiderman 2
Sekuel film layar lebar Spiderman yang menang Piala Oscar 2005 untuk Visual Efek Terbaik. Info unik: Enggak kurang dari 35 kostum Spiderman dipakai di syuting film ini. Suara saat jaring laba-laba Spiderman mengena sesuatu (dinding, Dr Ock, tiang dan sebagainya) berasal dari suara pita tape kaset dan suara kulit yang bergesekan dengan lantai.

2007 Spiderman 3 
Sekuel kedua yang dinanti-nanti banget karena ada Venom, musuh legendaris Spiderman. Info unik: Walau dikritik habis-habisan ternyata, Spiderman 3 mencatat Box-Office senilai US$29,2 juta dari debutny di Eropa dan Asia, lebih besar dari gabungan penjualan film pertamanya.

Begitullah sejarah tentang Spiderman dan kemunculannya di media hiburan, sekarang mari kita bahas tetang SPIDERMAN 4 yang akan segera rilis tahun 2012 ini, berikut pembahasannya :  

 

The Amazing Spiderman akan dirilis dalam versi 3D pada tanggal 3 Juli 2012. Dibintangi oleh Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans, Denis Leary, Campbell Scott, Irrfan Khan, Martin Sheen, dan Sally Field. Film ini disutradarai oleh Marc Webb dari skenario oleh James Vanderbilt dan Alvin Sargent dan Steve Kloves

Lebih lengkapnya tonton sendiri aja trailer nya . . OKE





GALERI FOTO SPIDERMAN 4
















2 komentar:

  1. spiderman salah satu icon komik superhero yang pernah hadir dalam kenangan masa kecilku :)

    BalasHapus
  2. ditunggu film terbaru dari spiderman..

    BalasHapus