Jumat, 30 September 2011

Tujuan Jaringan komputer Menjadikan Milyarder


Jaringan komputer sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, apalagi dijaman yang serba moderen sekarang ini. Semua orang membutuhkan kemudahan untuk melakukan pekerjaannya. Dengan jaringan komputer semua kegiatan yang rumit akan menjadi lebih mudah dan efisien, baik dalam segi biaya, waktu, ataupun tenaga. Didalam dunia bisnis suatu perusahaan, jaringan komputer juga  bermanfaat  untuk pencitraan perusahaan tersebut.
Tujuan jaringan komputer antara lain:
1.     Efisien : biaya, waktu, tenaga
2.     Pencitraan perusahaan
Sebagai contoh tujuan jaringan komputer yang efisien biaya, waktu, tenaga, dan pencitraan perusahaan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
Ø Efisien berdasarkan biaya :

·         Misal pada penyebaran undangan pernikahan, ulang tahun, atau reuni sekarang ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal hanya untuk membuat undangan. Undangan dapat disebarkan atau dikirim melalui media komunikasi yang terdapat didalam jaringan komputer seperti jejaring sosial.
·         Pada proses penjualan dan pembelian barang dengan jaringan komputer dapat menghemat biaya dan sangat menguntungkan. Karena pemgat menguntungkan. Karena pembeli dapat dengan mudah menemubeli dapat dengan mudah menemukan barang yang dicari dan mendapatkannya dengan harga murah karena tanpa campur tangan orang lain. Begitu juga dengan penjual yang akan mendapatkan keuntungan lebih, karena tidak memberi upah kepada orang lain yang membantu menjualkan barang tersebut.
·         Pada waktu pembayaran kuliah saat ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi kekampus yang berada diluar kota. Mahasiswa dapat membayar melalui bank dengan sistem online.
Ø Efisien berdasarkan waktu :


·         misal pada saat membayar tagihan listrik. Saat ini pembayaran listrik tidak perlu membuang waktu, karena saat ini sudah ada pembayaran sistem online yang dapat dilakukan dimana saja.
·         Pada toko buku yang sudah mempunyai jaringan komputer konsumen tidak perlu membuang waktu berpergian dari suatu tempat ketempat lain untuk mendapatkan buku yang dicari. Dengan fasilitas jaringan komputer konsumen dapat menemukan toko buku yang mempunyai buku tersebut.
·         Pada lapangan olahraga seperti bulu tangkis fungsi jaringan komputer sama dengan pada toko buku diatas. Pengunjung dapat menemukan atau mengetahui hari dan waktu lapangan yang tidak dipakai  
Ø Efisien berdasarkan tenaga :
·         Misal pada saat pemesanan catering dalam jumlah yang besar. Saat ini dirumah makan atau restoran yang sudah mempunyai fasilitas pemesanan sistem online tidak perlu bersusah payah berpergian hanya untuk memesan catering. Dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh restoran konsumen bisa memesan sekaligus membayar pesanan dengan mudah dan cepat.
·         Pada saat pemesanan travel seseorang tidak perlu mengunjungi tempat travel yang ada. Pengunjung hanya memesan lewat layanan online dan dengan itu mobil yang dipesan akan menjemput dan mengantar sampai tujuan.
·         Pada toko elektronik misal pada toko komputer yang memiliki fasilitas jaringan komputer. Konsumen tidak perlu bingung mencari komputer dengan spesifikasi yang diinginkan. Konsumen hanya menyebutkan komputer seperti apa yang ingin dimiliki. Jika sudah menemukan komputer yang akan dibeli, pihak toko akan mengirimkan barang dengan cepat.
Ø Pencitraan perusahaan :


·         Misal pada hotel yang sudah mempunyai fasilitas jaringan komputer, dengan fasilitas jaringan komputer yang telah tersedia oleh hotel calon pengunjung dapat mengetahui lebih banyak keunggulan yang dimiliki oleh hotel tersebut. Tidak hanya mengetahui keunggulan hotel tersebut, calon pengunjung juga dapat mengetahui kamar yang masih tersedia, memesan kamar, sekaligus membayar.
·         Pada tempat wisata yang sudah mempunyai fasilitas jaringan komputer dapat membuat citra perusahaan jadi lebih baik. Karena fasilitas tersebut memudahkan pengunjung mengetahui keunggulan dan fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata.
·         Pada perumahan atau apartemen sudah mempunyai fasilitas jaringan komputer dapat membuat citra perusahaan jadi lebih baik. Karena fasilitas tersebut memudahkan pengunjung mengetahui keunggulan dan fasilitas yang dimiliki oleh perumahan atau apartemen tersebut.
Ø Contoh tujuan jaringan komputer yang efisien, biaya, waktu, tenaga, dan pencittraan perusahaan yaitu Bank. Misal pembayaran kuliah saat ini sudah dapat melalui sistem online. Dengan demikian nasabah atau mahasiswa yang akan membayar kuliah tidak perlu pergi jauh antar kota ataupun antar propinsi. Sistem online seperti ini sangat menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Fasilitas yang sangat baik tersebut juga dapat membuat citra perusahaan jadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar